Cari Blog Ini

Mengenai Saya

Foto saya
That's all i can say but,if u wanna know more about me.become my friend :)

Jumat, 01 November 2013

6 Cara Jokowi Atasi Banjir Jakarta

6 Cara Jokowi Atasi Banjir Jakarta

6 Cara Jokowi Atasi Banjir Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Jokowi mengecek kesiapan personil dalam apel siaga banjir di Lapangan Monas.


"Enam itu sudah saya sampaikan ke Presiden Indonesia," ujar Jokowi dalam konferensi pers di MPR RI, Jakarta, Senin, 21 Januari 2013.

Enam langkah itu antara lain normalisasi sungai. Nantinya, pemerintah pusat dan pemerintah Jakarta akan melakukan normalisasi 13 sungai di Jakarta. Namun yang akan difokuskan pada tahun ini, antara lain Ciliwung, Pesanggrahan, Angke, dan Sunter.

Lalu dia juga menyebutkan bakal ada sodetan Otista hingga Kanal Banjir Timur. Selain itu, akan ada pembuatan waduk besar di Ciawi dan Cimanggis, Jawa Barat.

Langkah keempat yakni pembuatan sebanyak-banyaknya sumur serapan dari hulu hingga hilir. Ini berguna untuk mengurangi aliran air yang banyak masuk ke Jakarta. Langkah lainnya adalah pembuatan segera sejumlah pompa air di Jakarta Utara. "Ini untuk mengurangi genangan air di Jakarta Utara," katanya.

Lalu langkah terakhir yang disiapkan Jokowi adalah pembangunan terowongan multiguna atau multipurpose deep tunnel di Jakarta. "Kajiannya positif sehingga bisa dikerjakan. Semoga bisa menjadi terobosan," kata dia.

Dia melaporkan enam langkah itu pada Taufik Kiemas. Selain konsultasi, dia juga meminta dukungan dari pimpinan MPR RI maupun DPR RI terkait banjir Jakarta. "Apa pun itu, banjir bukan soal kecil. Mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan juga masyarakat harus bergotong royong untuk diselesaikan satu per satu," kata dia.

Tidak ada komentar: